Makanan Mengatasi Insomnia


APAKAH waktu tidur Anda mencapai 7-8 jam? Atau, apakah Anda merasa tak gelisah dan tak nyenyak saat tidur dan kerap terbangun?

Kurangnya kuantitas maupun kualitas tidur tentu berefek pada stamina kita dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, beberapa dari Anda mungkin lebih memilih cara instan dengan menggunakan obat tidur. Padahal, tak perlu dengan obat, Anda bisa mendapatkan tidur lelap dan pulas dengan mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini:

1. Pisang
Buah ini sebenarnya memiliki khasiat seperti pil tidur. Selain mengandung zat melatonin dan serotonin yang berperan besar dalam membantu kualitas tidur dan mengatasi depresi serta sistem kekebalan yang rendah, pisang juga mengandung magnesiun yang dapat membuat otot menjadi lebih rileks.

2. Teh chamomile
Kandungan chamomile di dalam teh dapat menimbulkan efek ringan yang menenangkan pikiran dan tubuh sehingga dapat mengatasi kegelisahan sebelum tidur.

3. Susu hangat
Kita tentu kerap kali mendengar saran untuk meminum susu hangat sebelum tidur agar dapat tidur pulas. Itu bukanlah mitos. Karena, susu mengandung triptofan, asam amino yang memiliki efek menenangkan. Ditambah, adanya efek psikologis dari gerakan meminum susu hangat melalui gelas yang seolah-olah membuat kita merasa hangat dan nyaman.

4. Madu
Tambahkan madu ke susu hangat Anda. Mengurangi gula akan membuat otak Anda mematikan sementara fungsi oreksin yang terkait dengan kewaspadaan.

5. Kentang
Sedikit porsi kentang rebus atau panggang tentu tak akan mengganggu pencernaan Anda di malam hari. Untuk efek menenangkan, rebus/pangganglah kentang dengan susu hangat.

6. Oatmeal
Gandum kaya akan zat melatonin yang akan membantu Anda tidur nyenyak. Semangkuk kecil oatmeal dengan tambahan susu atau atau sirup tentu akan membuat tubuh nyaman sekaligus kenyang sehingga Anda pun akan terkantuk-kantuk.

7. Kacang almon
Segenggam kacang almon akan membantu Anda terlelap tidur karena mengandung tritofan dan magnesium yang dapat merileksasikan otot.

8. Biji rami
Ketika Anda merasa suntuk sehingga sulit untuk memejamkan mata, cobalah menambah dua sendok biji rami ke oatmeal Anda. Biji-bijian ini kaya akan omega 3 yang akan memperbaiki mood Anda secara alami.

9. Roti gandum
Memakan sepotong roti gandum bersama teh yang dicampurkan madu akan mengahantarkan trotofan ke otak yang lalu akan dikonversikan menjadi serotonin dan akan membuat diri Anda merasa ingin segera terlelap

Referensi: Media Hidup Sehat

  1. Terima kasih informasinya…

  2. Matur nuwun . . . .

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: