Delapan Langkah Sehatkan Pencernaan


SUSAH buang air besar (BAB)? Cobalah menambah asupan makanan kaya serat. Serat bisa membantu mengatasi masalah konstipasi. Berikut beberapa langkah yang bisa menjadi panduan Anda dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Serat bantu atasi konstipasi
Cobalah penuhi piring Anda dengan makanan seperti stroberi, anggur, paprika, kacang polong, whole grain dan kacang-kacangan. Makanan kaya serat ini membantu pencernaan dan menjaga agar BAB teratur. Selain itu, serat juga membantu mempertahankan berat badan sehat, mencegah penyakit jantung, naik-turun kadar gula darah dan ambeien. Cobalah mengonsumsi 20 hingga 35 gram serat sehari.

Atasi heartburn dengan permen karet
Heartburn (sensasi panas di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan) bisa diatasi dengan mengunyah permen karet. Cara ini bisa menstimulasi produksi air liur yang berfungsi menetralkan asam. Tapi jika perut Anda kembung, ada baiknya menghindari cara ini. Pasalnya, mengunyah permen karet juga bisa membuat Anda menelan lebih banyak udara dibandingkan biasanya.

Turunkan berat badan
Menurunkan berat badan sebanyak satu kilogram saja bisa memperbaiki gejala gangguan pencernaan. Kelebihan berat, khususnya di sekitar perut, bisa memicu masalah pencernaan, seperti heartburn, perut kembung dan sendawa.

Makan porsi kecil
Menambah frekuensi makan dengan porsi kecil merupakan cara bagus mencegah gangguan pencernaan, kembung dan mulas. Makanlah perlahan-lahan. Cara ini berfungsi menghindari kelebihan muatan dalam sistem pencernaan dan membantu mengecilkan kapasitas lambung, sehingga mengurangi kecenderungan makan berlebih.

Tambah asupan air untuk cegah konstipasi
Minum cairan membantu tubuh mengeluarkan sampah dan mencegah konstipasi. Cairan bisa dalam bentuk air putih, jus, serta makanan kaya air.

Olahraga atasi kembung
Olahraga, menurut para pakar, bisa membantu mengatasi masalah pencernaan ringan, mulai dari kembung hingga konstipasi. Aktivitas fisik membantu sistem pencernaan menggerakkan makanan dan mengeluarkan sampah. Selain itu, olahraga juga mengurangi stres, pemicu utama berbagai masalah pencernaan.

Probiotik atasi diare
Probiotik merupakan mikroorganisme yang seringkali ditambahkan ke dalam yogurt, jus, kudapan, dan suplemen. Penelitian, seperti dikutip situs webmd.com, menunjukkan bahwa probiotik bisa membantu mengatasi diare, sindrom usus, dan penyakit perdangan usus.

Redakan stres dengan relaksasi
Pernah menderita sakit perut saat tegang? Hal ini karena otak berhubungan dengan sistem pencernaan. Stres bisa memperburuk gangguan pencernaan, seperti sindrom usus dan borok lambung. Cobalah menjaga kesehatan pencernaan dengan mengontrol stres. Cobalah berolahraga, tidur cukup, meditasi atau relaksasi.

  1. waah, bagus banget artikelnya, salam kenal ya?

      • edwien
      • June 21st, 2010

      ^___^ Makasih mbak..
      sama2, salam kenal juga..

  2. haloo..salam kenal.. blognya keren artikelnya juga bermanfaat ..

    di tunggu kunjungan baliknya..

    thanks..

      • edwien
      • June 25th, 2010

      Salam kenal juga..
      Trimakasih..
      kumpulan untuk diri saya sendiri kok sebenarnya ^__^

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: