Manfaat dan Kerugian Kolesterol


Kolesterol mungkin sudah menjadi momok bagi banyak orang. Padahal sebenarnya kolesterol merupakan nutrisi penting yang juga bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat dan mudarat (kejelekan) dari kolesterol?

Kolesterol merupakan nutrisi penting yang diperlukan tubuh manusia untuk menjalankan fungsi utamanya. Kolesterol disusun dalam tubuh oleh hati dan kemudian dikirim ke berbagai bagian tubuh oleh darah.

Dalam istilah ilmiah, kolesterol merupakan senyawa alkohol lemak seperti yang ditemukan di dinding sel dan diangkut dalam plasma darah. Kolesterol adalah kelompok senyawa yang disebut sterol (sebuah kombinasi steroid dan alkohol).

Kandungan kolesterol yang normal dapat sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi sebaliknya, bila kandungannya berlebihan, kolesterol bisa menjadi bumerang yang justru menyerang sistem tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit-penyakit degeneratif.

Dilansir dari Ehow, Jumat (2/7/2010), berikut manfaat dan mudarat kolesterol:

Manfaat kolesterol

  1. Membantu membangun dan mempertahankan membran sel, yang menjadikan dinding sel lebih kuat dan kaku, juga membantu sel melindungi diri dari benda asing dan membangun kekebalan sel.
  2. Berperan penting dalam proses biokimia, seperti sintesa hormon steroid, juga membantu produksi hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan individu.
  3. Memproduksi dan mempertahankan vitamin D. Kolesterol dalam tubuh akan mengubah vitamin D dengan bantuan sinar matahari.
  4. Tingkat kolesterol dalam tubuh juga berguna untuk melindungi kulit dari benda asing atau sinar berbahaya seperti UV, juga membantu menyembuhkan luka.
  5. Terlibat dalam produksi asam empedu yang digunakan untuk mencerna lemak larut atau berbahaya yang memasuki tubuh melalui makanan.
  6. Kolesterol yang tidak larut dalam air membuatnya berguna mengangkut vitamin A dan E.


Mudarat kolesterol

  1. Aterosklerosis adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi. Karena kolesterol tinggi, pembentukan deposit plak terjadi dalam arteri dan mengganggu aliran darah ke jantung, sehingga kemungkinan serangan jantung dan stroke meningkat.
  2. Meningkatkan berat badan. Kelebihan kolesterol meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan sebagai hasilnya akan membuat orang obesitas (kegemukan).
  3. Meningkatkan risiko gagal jantung. Kolesterol berlebih di dalam darah membuat kerja jantung lebih berat, sehingga membutuhkan tekanan yang ekstra untuk memompa darah dan pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal.
  4. Pengendapan kolesterol dalam darah akhirnya juga menyebabkan gangguan fungsi hati dan ginjal.

Makanan seperti produk daging, unggas, ikan, makanan laut, produk susu dan kuning telur merupakan sumber yang kaya kolesterol. Tapi bagi orang yang cenderung memiliki kolesterol tinggi, makanan-makanan tersebut sebaiknya dikurangi.

Reference: Hidup Sehat

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: