Pola Makan Hindari Kegemukan


DIET ketat bukanlah rahasia sukses mencapai berat badan ideal. Anda bisa menurunkan dan mempertahankan berat badan dengan memadukan pola makan sehat ke dalam gaya hidup sehari-hari. Saat berkaitan dengan rencana dan pola makan, berikut beberapa langkah yang bisa menjadi panduan Anda:

Tambah asupan serat

Serat membuat Anda kenyang lebih cepat dengan kalori yang lebih sedikit, sehingga mencegah makan berlebih. Sebuah studi dari Brooke army medical center di Houston Texas menemukan, pectin (serat larut) yang terkandung dalam kulit buah dan sayuran bisa membuat orang kenyang lebih lama. Untuk memperbanyak asupan serat, jadikan buah, sayuran, kacang polong dan whole grain (seperti roti whole wheat, beras merah dan sereal whole grain) sebagai bahan dasar diet Anda.

Pilih makanan rendah lemak
Setiap gram lemak mengandung lebih banyak kalori dibandingkan setiap gram protein atau karbohidrat. Mengonsumsi diet tinggi serat, kaya buah, sayuran dan whole grain secara alami membantu Anda mengurangi konsumsi lemak. Selain itu, cobalah membatasi penggunaan minyak dan mentega. Beralihlah ke produk susu, seperti susu bebas lemak, keju rendah lemak dan yogurt rendah lemak. Jika makan daging, pilihlah ayam tanpa kulit atau daging rendah lemak dalam porsi kecil.

Porsi sedang

Tidak ada makanan yang buruk sepanjang dikonsumsi dalam jumlah sedang. Makanan rendah lemak sekali pun akan memicu pertambahan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Silahkan menikmati semua makanan dalam jumlah sedang.

Gunakan semua indra
Makanan porsi besar akan tetap membuat Anda tidak puas jika dikonsumsi dengan cepat. Cobalah fokus pada makanan dan nikmati setiap gigitannya. Lihat piring dan pelajari warna serta tekstur makanan. Biarkan mata Anda menikmati makanan, selanjutnya tutup mata dan biarkan indra penciuman bekerja. Kemudian, mulailah mengunyah setiap gigitan dengan perlahan dan pastikan menikmati rasa makanan sebelum menelan. Dengan cara ini, Anda bisa memuaskan semua indra dan memerlukan lebih sedikit makanan untuk mendapatkan kepuasan.

Perhatikan jumlah sajian per kemasan
Banyak makanan dalam kemasan yang ditujukan untuk beberapa sajian. Jadi, saat Anda mengonsumsi makanan dalam bentuk tumpukan kecil, seperti nasi, pasta atau roti, pastikan membaca label dan memperhatikan jumlah takaran saji per kemasan.

Sertakan sayuran
Jangan lupa menyertakan sayuran dalam setiap sajian makanna yang Anda nikmati.

Gunakan bumbu

Lemak bukan satu-satunya cara memperkaya rasa makanan. Anda juga bisa menggunakan saus tanpa lemak, seperti teriyaki, cuka atau dressing salad tanpa lemak. Cobalah menambahkan bumbu atau rempah ke dalam sayuran dan daging untuk menambah rasa tanpa lemak.

Mengudap sayur dan buah
Tidak ada salahnya mengudap saat sedang berusaha menurunkan berat badan. Tapi, pilihlah kudapan sehat seperti buah dan sayuran, crackers whole wheat atau susu bebas lemak

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: