Stres dan Depresi Diatasi 10 Langkah


Deperesi SEMAKIN hari, jumlah orang yang mengalami depresi semakin bertambah. Terlebih bagi mereka yang depresi karena mengalami permasalahan ekonomi. Anda pasti harus berpikir ekstra untuk membayar pengobatan dan terapi. Padahal ada cara murah bahkan gratis untuk mengatasi depresi. Anda tak perlu mengeluarkan biaya karena dapat Anda lakukan sendiri. Berikut 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenyahkan depresi.

1. Jangan salahkan diri sendiri
Ini adalah cara tersederhana, termurah, dan paling ampuh atasi depresi. Stigma depresi yang cenderung menyalahkan diri sendiri ditambah perasaan tak mampu dan bersalah dapat hilang jika Anda mengenyahkan semuanya perasaan itu secara proaktif dan sabar.

2. Curhat
Memang tak mudah, tapi berkeluh kesah pada orang lain tentang permasalahan Anda lebih baik ketimbang memendamnya sendiri. Meski sahabat atau keluarga Anda tak memahami ataupun dapat menyelesaikan persoalan yang Anda alami, mereka tentunya akan memberikan semangat dan dukungan untuk Anda.

3. Olahraga teratur
Mungkin hal ini yang paling enggan Anda lakukan ketika tengah tertekan, tapi berjalan atau berlari ataupun melakukan gerakan seperti memukul dapat membuat Anda merasa lebih baik. Bahkan menurut penelitian, olahraga dapat membuat Anda merasa lebih baik selama 10 jam ke depan.

4. Jangan buat keputusan
Depresi dapat memengaruhi persepsi dan penilaian Anda terhadap sesuatu. Maka, akan lebih bijak untuk tak memutuskan apa pun hingga Anda merasa lebih baik. Tapi, jika Anda memang harus memutuskan sesuatu, janganlah impulsif atau tergesa-gesa, bicarakan dahulu dengan orang yang Anda percayai, seperti psikolog, keluarga, atau sahabat.

5. Jagalah kesehatan
Jika merasa depresi, Anda akan cenderung mengabaikan kesehatan. Tapi hal itu justru lebih berbahaya karena akan memperburuk gejala depresi, bahkan dapat mengarah ke penyakit-penyakit yang lebih serius seperti diabetes dan jantung.

6. Lakukan rutinitas
Berkutat pada rutinitas yang itu-itu saja ternyata dapat membantu orang yang tengah depresi. Lakukanlah kegiatan rutin di waktu yang sama setiap harinya. Rutinitas seperti berjalan-jalan, berbelanja, atau mencuci membantu Anda terjebak dari kecenderungan menyendiri di kamar. Jika dapat melakukannya, Anda tentunya berpotensi untuk segera sembuh.

7. Makan makanan sehat
Apa yang kita makan tak hanya berpengaruh pada tubuh, tapi juga otak. Jadi, bila Anda merasa tertekan, makanlah makanan yang sehat dan seimbangkan gizi Anda dengan makanan kaya serat, seperti buah dan sayur. Beberapa hasil penelitian mengemukakan bahwa omega 3 yang terkandung dalam ikan dan suplemen minyak ikan dapat membantu mengatasi depresi.

8. Hindari narkoba dan alkohol
Jangan mencoba untuk mengalihkan depresi dengan mengonsumsi obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol. Orang yang menderita depresi dan kecemasan sering beralih ke alkohol dan obat-obatan untuk meringankan gejalanya, tetapi hal itu justru merugikan dalam jangka panjang. Minuman beralkohol dan obat-obatan akan memengaruhi otak dan tentunya akan menciptakan masalah pada hubungan Anda, pekerjaan, dan aspek hidup lainnya.

9. Tidur nyenyak
Masalah tidur seperti insomnia biasa terjadi bila kita tengah depresi dan kekurangan tidur akan membuat kita kekurangan semangat. Memang belum diketahui secara pasti hubungan antara depresi dan tidur, tapi para ahli menyarankan orang yang depresi untuk cukup tidur dan bangun sesuai dengan jadwal.

10. Hindari lembur
Janganlah melakukan aktivitas berlebihan bila sedang depresi dan jalani aktivitas seperlunya. Jika pekerjaan kantor Anda menumpuk, lakukan secara bertahap jangan sekaligus. Tak apa bila pekerjaan terkesan lambat, Anda layak untuk sedikit santai. Atau jika Anda tak tahan, mintalah cuti beberapa hari kepada atasan untuk mengembalikan semangat kerja Anda.

Referensi: Media Hidup Sehat

  1. I don’t even understand how I ended up here, but I believed this post used
    to be good. I don’t recognise who you’re however certainly
    you’re going to a well-known blogger in the event you are not already.
    Cheers!

  1. June 26th, 2010
    Trackback from : Gizi Pada Ibu Hamil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: