Solusi Tepat Atasi Noda Matahari


NODA hitam di wajah akibat terpapar sinar matahari memang mengganggu karena merusak penampilan. Menurut penelitian terbaru, noda hitam tersebut bisa membuat Anda terlihat 10 tahun lebih tua.

Melapisi wajah dengan bedak tebal untuk menyamarkan noda hitam tersebut tentu bukan jalan keluar yang tepat. Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan?

Pencegahan
Aplikasikan tabir surya dengan SPF 15 atau SPF 30 setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan. Tindakan ini berguna untuk menangkal sinar UV yang mempercepat produksi melanin, yakni pigmen yang memberikan warna pada kulit. Untuk perlindungan ekstra, lapiskan tabir surya di atas krim atau losion wajah yang mengandung antioksidan seperti teh hijau, coffe berry, atau vitamin C.

Noda matahari tidak muncul dalam sehari, melainkan terbentuk selama bertahun-tahun dan umumnya dialami perempuan berusia di atas 40 tahun. Jadi, upaya menghilangkannya pun tidak bisa dilakukan dalam sekejap mata.

Jika wajah sudah telanjur memiliki noda hitam bekas matahari, ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya. Cara termudah namun relatif mahal adalah mengunjungi dokter spesialis yang akan menawarkan berbagai solusi, mulai dari penggunaan agen pemutih sampai laser berteknologi tinggi.

Jika Anda ingin mencoba perawatan alami, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan, seperti:

Lidah buaya
Tanaman lidah buaya telah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit, terutama kulit terbakar. Berdasarkan pengalaman sejumlah orang, lidah buaya juga berguna dalam mengurangi penampakan noda matahari.

Caranya, gosokkan bagian dalam lidah buaya yang berbentuk gel ke area bermasalah, dua kali dalam sehari. Diamkan di kulit paling tidak selama 45 menit. Dalam jangka waktu sebulan, Anda seharusnya sudah bisa melihat perbedaan.

Lemon
Kandungan asam di dalam jeruk lemon juga mampu menyamarkan noda hitam akibat sinar matahari. Gosokkan saja lemon yang telah dibelah dua ke area kulit yang bermasalah, dua kali dalam sehari. Lalu, diamkan sari lemon dikulit selama sekitar 30 menit, atau biarkan semalaman.

Jika Anda berencana untuk ke luar ruangan, pastikan sari lemon di wajah sudah mengering karena dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari. Dalam waktu dua bulan, Anda seharusnya sudah bisa melihat perubahan.

Sumber: mediaindonesia.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: