Makan Sehat untuk Mahasiswa Sibuk dan Sok Sibuk


RATA-rata mahasiswa, terlebih mereka yang hidup sendiri atau kost, cenderung terbenam dengan keasyikan dan kesibukan kampus atau kegiatan lainnya.

Karena itu, jadwal makan pun sering kali terbengkalai dan mahasiswa memiliki kecenderungan lebih memilih mengunjungi restoran makanan siap saji. Padahal makan merupakan hal penting yang dapat membuat mahasiswa tetap terjaga kesehatannya sehingga dapat berstamina dalam melakukan rutinitas. Berikut beberapa tips makan sehat bagi para mahasiswa yang mudah dan dapat langsung diterapkan.

1. Pentingnya sarapan
Menurut hasil penelitian, melewatkan sarapan berpengaruh besar terhadap pencapaian akademis. Bila memang tak ada waktu untuk duduk sejenak dan menikmati sarapan, setidaknya belilah makanan ringan seperti biskuit, buah-buahan, atau jus buah untuk mengisi perut sebelum beraktivitas.

2. Pilah pilih fast food
Bila terpaksa makan fast food, pilihlah menu dengan bijak. Pilih piza yang topping-nya tak terlalu banyak keju dan sandwich berukuran sedang. Adapun kentang dan ayam goreng serta sandwich ikan sebaiknya dihindari karena mengandung banyak lemak yang berbahaya bagi tubuh.

3. Simpan camilan sehat
Menyimpan camilan di kamar tentu akan berguna suatu waktu bila terpaksa bergadang mengerjakan tugas kuliah. Simpanlah camilan sehat seperti kue beras atau kue terbuat dari gandum. Jika punya kulkas, simpanlah buah-buahan dan yoghurt.

4. Makanan kaya kalsium
Makanlah makanan yang banyak kalsium. Mahasiswa yang usianya di awal 20 tahun memerlukan banyak kalsium guna menjaga agar tubuh tak terkena osteoporosis di kemudian hari. Jika tak suka susu, minumlah yoghurt rendah lemak.

5. Kurangi gula
Selain menambah kalori, gula juga berisiko merusak gigi. Maka itu, bila ingin menyeduh kopi, teh, atau sereal, gunakanlah gula seminim mungkin dan usahakan mengganti gula biasa dengan gula rendah kalori.

6. Banyak minum air
Tubuh kita setidaknya membutuhkan delapan gelas air per harinya. Apabila kita banyak beraktivitas, mungkin lebih banyak gelas. Untuk mengingatkan diri sendiri, bawalah tempat minum di dalam tas

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: