Cara Meningkatkan Nafsu Makan


HAMPIR semua orang pernah kehilangan nafsu makan. Dan keadaan ini tidak selalu disebabkan oleh masalah serius. Jatuh cinta misalnya, juga bisa menjadi salah satu pemicu. Tapi apa pun alasannya, Anda perlu mengembalikan nafsu  makan untuk menjaga kesehatan. Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang bisa menjadi panduan Anda:

1. Jika Anda sudah kehilangan nafsu makan selama lebih dari dua minggu, cobalah menambah asupan makanan yang kaya besi, magnesium dan kalium. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan C setiap hari. Vitamin ini tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama dalam tubuh dan perlu diperbarui secara teratur.

2. Cobalah mengonsumsi lima hingga enam makanan porsi kecil. Porsi kecil akan membuat Anda tidak terlalu bosan. Selain itu, pastikan makanan tersebut terdiri dari karbohidrat kompleks, seperti pasta, roti, kentang, nasi dan mie. Jika memungkinkan, pastikan Anda sarapan, meskipun hanya smoothie atau sepotong buah seperti pisang. Ini merupakan langkah awal yang baik dan menyediakan energi yang Anda perlukan untuk menghadapi hari.

3. Bagaimana dengan makanan kaya serat? Meskipun makanan kaya serat merupakan bagian penting dari diet, makanan ini akan memicu perut kembung jika Anda sudah tidak makan secara teratur selama beberapa waktu. Karena itu, cobalah mengonsumsi makanan kaya serat dalam jumlah kecil hingga selera makan Anda membaik. Anda masih bisa mendapatkan serat yang mudah dicerna dari makanan seperti kentang dan sayuran akar, pisang serta nasi.

4. Pulihkan selera makan dengan makanan berpenampilan menarik dalam porsi kecil. Sebagai contoh, cobalah menyajikan satu sendok buah berry dengan yogurt.

5. Daun alfalfa. Sistem pengobatan tradisional China menggunakan daun alfalfa untuk mengatasi gangguan pencernaan dan selera makan buruk. Alfalfa bisa digunakan dalam bentuk biji atau suplemen herbal.

6. Hindari minumam bersoda dan bergula, teh serta kopi. Selain itu, cobalah menghindari makanan bergula dan makanan olahan. Pasalnya, makanan ini kurang nutrisi dan menekan selera makan.

Diet untuk kembalikan selera makan

Kalium: Cobalah mengonsumsi makanan tinggi kalium, seperti pisang, kentang, buah kering, avokat, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Magnesium: Makanan kaya mineral ini termasuk whole grain, kacang-kacangan dan sayuran hijau bisa membantu membangkitkan selera makan.

Vitamin A, C: Konsumsilah sayuran, buah-buahan, whole grain, kacang-kacangan, daging, unggas, ikan, telur dan produk susu setiap hari untuk memperbarui kadar kedua vitamin ini.

Biji labu. Biji labu berfungsi sebagai sumber seng. Kekurangan seng bisa memicu penurunan selera makan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan seng dari daging merah, kepiting, kerang, sarden, unggas, dan kacang-kacangan

Reference: Media Hidup Sehat

About these ads
  1. perut lapar gila… rse na makan byk… tapi bila na makan msti ckt je… dh x blh telan lg dh.. perut lapar selera xdew.. bila makan rse mcm x blh na telan… na kluar blk.. ada penyelesaian ke.? skrang nieyh perut dh lapar.. kang gi mkn mstu x abis.. bazir je.. ==!

    • lyla
    • March 29th, 2012

    gx enak makan wlw menunya enak kesukaan aq tp tetep mkny sdkit

  2. Saya coba tipsnya.. semoga ja brat badan bertambah…

  3. perlu usaha yang keras nih, badan gak gemuk-gemuk gara-gara kurang nafsu makan… butuh pemaksaan,, thanks infonya gan… :)

    • keisya marisya
    • November 10th, 2012

    infonya menarik, , ,dan mudah dilakukan,,, thanks .:0

    • alankis jaguar
    • November 10th, 2012

    asikk,, , moga2 dgn cara ini badanku bisa bertambah beratnya
    makasih ya atas infonya, , , ^_~

    • sofyan riady
    • November 28th, 2012

    Thank’s ya..

    • lestari sihotang
    • March 23rd, 2013

    mksh ea bwat inf0 ny,,
    sm0ga aq berhasil

    • IMAM
    • March 30th, 2013

    OKE NE UNTUJ AG YANG SUSAH MAKAN

    • nur fitri
    • May 4th, 2013

    terima kasih untuk infonya ^_^

    • emilia
    • October 4th, 2014

    Biar makan apa ajah yg aq lihat tdak ada nafsu tuk aku makan.
    Klo aku paksa makan entar pasti aku muntah kembali.
    Aq uda kurang 6 kg dari 46,jdi skrng aku cuma 40 kg.
    Makan apa tuk mengembalikan nafsu makanku??
    Ma ksih sebelumnya. :-)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 997 other followers

%d bloggers like this: