Menu Makanan Rendah Kolesterol


KOLESTEROL tinggi merupakan faktor pemicu utama penyakit jantung. Kolesterol berlebih dalam aliran darah bisa membentuk plak di dinding arteri. Plak ini akan membuat arteri semakin tebal, keras dan kurang fleksibel.

Pada akhirnya, kolesterol akan memperlambat bahkan menghentikan aliran darah ke jantung. Saat kolesterol semakin tebal sehingga aliran darah benar-benar terhenti, maka akan terjadi pengentalan darah, pemicu serangan jantung.

Dan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol kolesterol adalah dengan mengatur diet. Cobalah mengonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan lemak total. Makanan apa saja? Berikut beberapa makanan rendah kolesterol dan rendah lemak yang bisa menjadi pilihan Anda:

Sayuran
Sayuran rendah lemak jenuh dan lemak total serta tidak mengandung kolesterol. Diet tinggi sayuran bisa menjaga agar kadar kolesterol tetap rendah. Sayuran merupakan makanan yang cocok untuk mengganti makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol. Kacang hijau, sayuran hijau, kol, bawang merah, kentang, bayam, ubi jalar, tomat, brokoli, dan seledri bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan mencegah pembentukan plak.

Buah-buahan
Ada baiknya mengonsumsi buah utuh dibandingkan jus. Jus merupakan buah yang telah kehilangan serat. Buah seperti apel, berries, sitrus, dan anggur bisa mencegah oksidasi kolesterol jahat LDL.

Kacang polong
Memperbanyak asupan kacang polong bisa membantu Anda menurunkan kolesterol dalam hitungan minggu. Kacang polong kering biasanya kaya serat dan tepung serta rendah lemak jenuh dan kalori. Cobalah mengonsumsi kacang polong paling tidak tiga kali dalam seminggu.

Biji-bijian
Biji-bijian terbaik adalah sereal bran, beras merah, oat, roti whole wheat (lebih dari dua gram serat per potong). Kandungan beta-glucan (serat larut) dalam makanan ini sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol dan kesehatan tubuh secara umum.

Biji psyllium
Mengonsumsi produk, seperti sereal sarapan, yang mengandung bentuk serat larut dari biji psyllium sangat efektif mengontrol kadar kolesterol. Anda bisa memaksimalkan hasil dengan memadukan sereal yang telah diperkaya psyllium dengan sereal whole-oat. Selain itu, Anda juga bisa menambah satu sendok teh psyllium ke dalam satu gelas air, dua hingga tiga kali sehari bersamaan dengan makanan.

Unggas, ikan dan pengganti daging
Ayam dan kalkun rendah lemak jenuh dan kolesterol, khususnya setelah kulitnya diangkat. Sebagain besar ikan juga rendah kolesterol dan lemak jenuh. Udang sekali pun bisa dinikmati sekali-sekali untuk menjaga kesehatan jantung.

Putih telur
Putih telur tidak mengandung kolesterol. Anda bisa menggunaan putih telur sebagai pengganti telur utuh. Puith telur dari dua butir telur setara dengan satu telur utuh.

Susu, yogurt dan keju
Susu bebas lemak dan susu satu persen lemak merupakan makanan rendah kolesterol dengan kandungan kalsium dan nutrisi lain yang setara dengan susu utuh. Selain itu, Anda bisa menggunakan yogurt rendah lemak atau tanpa lemak sebagai topping dalam berbagai menu. Untuk keju, pilihlah keju yang bebas lemak, sudah menjalani proses pengurangan lemak, rendah lemak atau keju part skim.

About these ads
    • Anonymus
    • July 15th, 2012

    thanx..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 997 other followers

%d bloggers like this: